Rabu, 04 September 2013

Layanan di Internet Macam dan Fungsinya


Layanan di Internet

Internet bukan hal yang aneh, mewah ataupun baru di dunia masa kini. Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita semua. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet. Berikut ini adalah beberapa macam layanan di internet beserta fungsi-fungsinya.






Electronic mail atau email

Email ini bisa dikatakan adalah layanan pertama dalam dunia internet. Layanan ini ditujukan untuk surat menyurat dalam hal ini mengirimkan pesan elektronik dan diterima oleh masing-masing individu di internet. Email bekerja seperti kotak surat anda di dunia nyata. Meskipun anda tidak ada di rumah, surat itu bisa tetap anda terima. Begitu pula email, meskipun kita tidak sedang online, namun kita tetap bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini email tidak hanya berisi teks saja, namun bisa dilampiri gambar, foto, suara bahkan video. Email juga memudahhkan kita mengirim surat yang sama kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email adalah hal yang sangat umum terjadi dan dilakukan oleh semua orang di internet. Dengan email kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.
layanan di internet

Mailing list atau grup diskusi

Fasilitas layanan di internet ini dibangun dengan teknik yang sama dengan cara penyebaran surat elektronik atau email. Fasilitas ini digunakan untuk menyebarkan sebuah berita atau file yang didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah atau konferensi secara elektronik tanpa terikat ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa berhenti. Hasil yang diperoleh jauh lebih efektif daripada menyelenggarakan seminar dan konverensi konvensional. Sistem ini menggunakan satu alamat email, dimana orang yang mengirim email ke alamat tersebut, maka email itu akan diteruskan secara otomatis kepada semua alamat email yang terdaftar di mailing list tersebut.

File transfer protocol (FTP)

FTP atau file transfer protocol adalah layanan di internet untuk melakukan transfer antara komputer dengan banyak server di internet. FTP digunakan untuk mengirim dan menerima file diantara komputer di seluruh dunia. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita dapat menyalin sebuah atau banyak file ke komputerkita.

Tele Networking (Telnet)

Telnet berfungsi untuk mengakses komputer/server dari jauh. Telnet merupakan program yang bisa membuat komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet membuat seorang pemakai komputer dapat masuk ke komputer lain dan menjalankan program di komputer tersebut. Namun dalam telnet kita hanya dapat menjalankan program dan perintah dalam mode teks saja. Saat ini telnet jarang digunakan karena koneksinya bisa dibajak atau dibaca. Versi telnet yang lebih aman adalah SSH atau Secure Shell yang pada prinsipnya sama, hanya saja transfer datanya diacak dengan sistem enkripsi sehingga tidak bisa dibajak di tengah jalan.

Internet Relay Chat (IRC)

IRC ini adalah fasilitas chatting publik yang lebih dulu ada dibanding sistem perpesanan (messenger) seperti saat ini, misalnya Yahoo! Messenger, MSN, Facebook Chat dan lain sebagainya. IRC memiliki channel, dimana setiap orang dapat berkomunikasi secara pubic. IRC juga dapat membuat anda menghubungi satu orang tertentu dan bercakap-cakap secara teks dengannya secara pribadi yang disebut dengan private message. Anda dapat pula mengatur satau percakapan dengan beberapa orang sekaligus dalam satu konferensi. Hampir semua fitur yang ada dalam messenger masa kini semuanya ada disini. Hanya saja, semuanya dilakukan dalam mode teks. Tidak ada gambar sama sekali, meskipun itu hanya emoticon.

Newsgroups

Newsgroups adalah layanan di internet yang merupakan salah satu dari mailing list di internet. Namun tidak seperti mailinglist yang menggunakan email sebagai medianya, newsgroup menggunakan jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Dalam setiap komputer terdapat beberapa newsgroup yang kemudian dibagi berdasarkan topik umum dan dibagi lagi menjadi sub-topik dibawahnya. UseNet sendiri adalah sistem kelompok diskusi dengan artikel-artikel yang didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi yang mencakup semua hal dan topik yang ada di dunia ini.

Gopher

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tersusun atas menu sistem pencarian informasi. Situs yang menggunakan protokol Gopher pada dasarnya adalah berupa komputer yang menampilkan menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar menu ini adalah daftar isi yang mengolah dan menunjuk informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk terkoneksi dengan server-server tertentu. Saat ini Gopher sudah jarang sekali digunakan, bahkan hampir tidak ada.

World Wide Web (WWW) atau Web

WWW adalah sebuah sistem dalam internet yang memberikan fasilitas informasi yang cepat dan menggunakan teknologi hiperteks. Layanan ini adalah layanan yang paling dikenal oleh banyak orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan pranala hiperteks yang disebut hyperlink untuk merujuk pada halaman tertentu pada web server. Halaman web bisa berisi suara, gambar, animasi, teks atau program perangkat lunak yang dapat menjadikannya dokumen yang dinamis. Pengguna mengakses World Wide Web dari sebuah browser, yaitu sebuah program yang dapat menampilkan file HTML, seperti misalnya Mozilla Firefox, Opera, Chrome dan lain sebagainya.
Dalam WWW, struktur sumber daya internet ini dapat dianalogikan seperti jaring laba-laba. Jika dilihat dari polanya, jaringan ini memiliki lingkarang yang terpusat pada satu titik yang sama. Dari titik tengah ini akan membentuk garis penghubung yang tegak lurus terhadap lingkaran sehingga membentuk simpul. Jika percabangan merupakan titik simpul yang mengandung data, maka setiap garis adalah penghubung yang mengkoneksikan setiap data. Pemilihan data ini dilakukan dengan sistem hypertext. Pada titik simpul terdapat satu atau banyak komputer yang terhubung di internet atau sebuah petunjuk yang mengarahkan ke file tertentu dalam sebuah komputer. Dalam hal ini ketika ada sebuah Hyperlink maka akan ada koneksi dengan komputer lain atau berkas lainnya. Contoh WWW adalah situs yang sekarang anda gunakan, Facebook, Twitter, LinkedIn, Youtube, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar